Pidato Wisuda Ke V

Bismillahirrahmanirrahim,…

Alhamdulillah wasy syukru lillah, pada pagi yang cerah ini dan ditempat yang sejuk ini, Sabtu tanggal 28 November 2020, bertepatan dengan tanggal 12 Rabiul akhir 1442 H. Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Darul Kamal NW Kembang Kerang Lombok Timur, dapat menyelenggarakan wisuda sarjana S1 yang ke 5 Program Studi Ilmu Al Qur’an dan Tafsir (IAT). Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) dan Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI).

Wisuda sarjana saat ini berbeda dengan sebelumnya, sangat istimewa pada masa unnormal (masa pandemi Covid-19). Selain itu, alhamdulillah dari segi kualitas dan kuantitas mengalami kemajuan dan peningkatan, karena saat ini tidak hanya mewisuda 1 program studi yaitu prodi Ilmu Al-Aur’an dan Tafsir (sebelumnya bernama prodi tafsir hadits), namun dapat bertambah 2 prodi yaitu prodi PGMI dan MPI. Tentunya hal ini tejadi karena kesungguhan semua civitas akademika khususnya para dosen dalam mengajar dan membimbing calon wisudawan. Tidak ketinggalan pula adalah karna adanya perhatian dan dukungan dari Yayasan selaku BP-PTAIS, kerjasama yang baik antara dosen, karyawan, mahasiswa selaku bagian dan unsur civitas akademika, harapan kami, bila Allah mengizinkan dapat menambah 2 prodi seperti antara lain Prodi Ekonomi Islam Syari’ah, atau program studi lainnya sesuai kebutuhan dan relevansi dengan zaman.

Selanjutnya, Kepada wisudawan dan wisudawati, kami yang hadir di tempat ini mengucapkan selamat atas prestasi yang kalian peroleh yaitu sarjana S1 pada prodi masing-masing. Setelah tidak lagi menjadi mahasiswa (sekarang telah menjadi sarjana sesuai disiplin ilmu masing-masing), kalian tetap akan menjadi bagian dari keluarga besar STAI Darul Kamal NW Kembang Kerang Lombok Timur kapan dan dimana saja kalian berada.

Kami juga mengucapkan selamat kepada para wali wisudawan. Untuk orang tua atau pendamping wisudawan yang telah mengantar dan para wisudawan-wisudawati dapat sehingga bisa menyelesaikan studinya, tentunya tak terkecuali dukungan financial (materi).

Bapak Pembina dan hadirin hadirat yang kami hormati.
Dalam kesempatan yang mulia ini, selain mengucapkan selamat kepada wisudawan wisudawati juga berpesan agar terus berupaya menjadi insan ‘ulul albab yang dengan modal zikir dan fikir dapat memasukkan dan mensintesis antara ilmu keagamaan yang dan ilmu umum yaitu sebagai way of life dan way of thingking. Kalian adalah penyelamat ummat dari kebodohan (li’izalatil jahalah fil ummah) dan sebagai pembaharu dalam kehidupan dan pengembangan social sebagai (Agent Of Change) yang tetap dalam tatanan ahlu as sunnah wa al jama’ah.

Tugas para wisudawan- wisudawati bukan hanya terkait keilmuan yang perlu/ harus dikembangkan dan diamalkan secara personal, tetapi juga berupaya memperbaiki masyarakat agar menjadi khaira ummah dan memberikan inzar (peningkatan) agar tetap menjalankan syariat keagamaan. Tidak hanyut dalam perbuatan maksiat yang membuat kehancuran karena dua faktor yaitu  hubbu addun ya (cinta dunia)/ kehancuran dunia dan karaahiyatu al maut (takut mati) perhatikan pesan al quran dalam surat at Taubah ayat 122 Allah SWT. Berfirman:
Artinya: dan tidak sepatutnya orang-orang mu’min itu semuanya pergi (ke medan perang), mengapa sebagian dari setiap golongan di antaranya tidak pergi untuk memperdalam pengetahuan agama mereka, dan untuk memberikan peringatan atau inzar kepada kaumnya, apabila mereka telah kembali, agar mereka dapat menjaga dirinya.

Kepada para wisudawan- wisudawati, kami berpesan agar terus menambah ilmu yang dimiliki, karena menambah ilmu baik melalui pendidikan formal atau tidak adalah suatau kewajiban tanpa henti minal mahdi ilal lahdi atau lebih dikenal dengan istilah pendidikan seumur hidup (long live education). Bagi saudara-saudara yang mempunyai peluang dan kemampuan hendaklah dapat melanjutkan study kejenjang yang lebih tinggi ke program S2 atau bahkan ke jenjang yang lebih tinggi lagi yaitu program S3, karena pada dasarnya segala sesuatu ynag dicita-citakan akan tercapai asal ada kesungguhan dan keinginan atau kemauan. Sesuai ungkapan “anda mengharap kesuksesan tetapi enggan menempuh jalan-jalannya (dengan banyak rintangan) ini tidak mungkin, sebagaimana tidak mungkinnya perahu berlayar diatas pasir yg kering,yang tidak ada airnya.

Bapak Pembina yayasan, para undangan dan hadirin yang kami muliakan.
Terkait dengan kualitas keilmuan STAI darul Kamal terus menumbuhkan tenaga dosen yang berkualitas. dan dalam hubungannya dengan lapangan pekerjaan bagi wisudawan-wisudawati setelah menyelesaikan study usahakan agar optimis usahakan agar dapat memiliki kreatifitas dan inovasi melalui jalur silaturrahmi dengan berbagai pihak sehingga kedepannya kalian tidak sulit dalam memcari pekerjaan, memngingat lapangan pengapdian bagi saudara-saudara begitu luas melebihi lapangan pekerjaan, yang menjadi tujuan dan sebagian perguruan tinggi. Allah SWT. Menjanjikan kehidupan yang baik (hayatun toyyibah) bagi hambanya yang mau bekerja (beramal soleh), baik di dunia maupun di akhirat. Sesui firman allah SWT (QS.Al-Nahal:97)

Insha Allah dengan modal keikhlasan dalam beramal, hidup dan rizkimu akan berkah, sedikit ataupun banyak. Oleh karna itu selain dengan modal ilmu, hiasilah diri kalian dengan akhlaq yang mulia, berakhlaq yang terpuji dengan tetap menjaga nama baik almamater tempat menimba ilmu. Allah SWT. Menilai sesuatu berdasarkan pengabdian (amal) dan kehidupan sesuai sabda rasulullah SAW.

Kiranya inilah untaian rasa syukur kami atas pelaksaan wisuda ini dan penyampaian sekelumit pesan kepada wisudawan-wisudawati dengan ungkapan atau harapan, sebagai “ to day is the better than yesterday and toworrow is the better than to day”, Semoga kehidupan kalian lebih baik dari hari sebelumnya dan hari besok ( dan seterusnya) lebih baik dari hari ini. Semoga ilmu yang kalian peroleh berguna dan diberkahi (ilmun yuntafau bihi). Aamiin..ya rabbal alamiin…
wallahu waliyyuttaufiq wal hadi ila sabilirrasyad wassalamu ‘alaikum.wr.wb.           

Kembang Kerang       
Ketua STAI DK NW